Rabu, 20 Mei 2015

Antara Pikiran dan Hati Manusia



Kekuatan fikiran dan hati manusia

Allah telah menjadikan manusia dengan sempurna, melebihi mahluk lainnya dibumi ini. Allah menempatkan kekuatan utama manusia di dalam Otak dan Dada mereka. Akal dan fikiran yang terdapat didalam otak, dan hati yang terdapat didalam dada merupakan kekuatan utama manusia yang menyebabkan manusia memiliki kelebihan dibandingkan mahluk lainnya.

Kekuatan Fikiran

Para ahli membagi fikiran yang berpusat pada otak ini menjadi dua, yaitu fikiran sadar dan fikiran bawah sadar. Fikiran sadar pada belahan otak sebelah kiri bertugas menghitung, menganalisa, mengevaluasi situasi dan keadaan yang dialami kemudian mengambil keputusan apa tindakan yang harus dilakukan.

Fikiran bawah sadar pada belahan otak sebelah kanan bertugas antara lain mengendalikan saraf motorik yang menggerakan fungsi organ tubuh seperti denyut jantung, kedipan mata, keluar masuk nafas, peredaran berbagai enzym dan cairan dalam tubuh. Menyimpan memori ingatan kejadian masa lalu. Menyimpan ilmu dan keterampilan. Menyimpan Citra diri. Merasakan keindahan seni dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari hari ternyata fikiran bahwa sadar berperan jauh lebih besar daripada fikiran sadar. Fikiran bawah sadar menguasai 88% dari kehidupan manusia sedang fikiran sadar hanya menguasai 12%. Beberapa perananan dan fungsi fikiran bawah sadar dalam kehidupan manusia antara lain

-Fikiran bawah sadar merupakan blueprint kehidupan seseorang
-Kiprah seseorang dibatasi oleh batasan yang ada didalam fikiran bawah sadarnya
-Fikiran bawah sadar negatif akan menarik berbagai kejadian buruk kedalam kehidupan seseorang, yang menyebabkan berbagai kesulitan dan penderitaan pada orang tersebut
-Fikiran bawah sadar positip akan menarik berbagai kejadian baik kedalam kehidupan seseorang yang menyebabkan kesuksesan dan berbagai keberuntungan pada orang tersebut.
-Fikiran bawah sadar membentuk citra diri positip atau negatif pada diri seseorang
-Setiap orang akan mejalani kehidupan sesuai dengan gambaran mental yang tertanam dalam fikiran bawah sadarnya.
-Gambar mental fikiran bawah sadar cenderung untuk menjelma kedalam kehidupan nyata seseorang

Kondisi dan keadaan hidup seseorang akan dibentuk dan dipengaruhi oleh kondisi dan pengaruh yang dominan tertanam dalam fikiran bawah sadar. Baik buruknya nasib seseorang tergantung pada apa yang dominan mempengaruhi fikiran bawah sadar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beriman Dengan Qadha dan Qadar Adalah Balsam Berbagai Luka

Sesungguhnya balsam berbagai luka adalah beriman dengan qadha dan qadhar. Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin. Sesungguhnya segal...